Sabtu, 28 Maret 2009

Mami Rose: Jual diri, ke mucikari sampai eksekusi mati


Delapan Tahun Bersama Sumiarsih
Judul Buku: Mami Rose: Jual Diri, ke Mucikari sampai Eksekusi Mati
Penulis: Ita Siti Nasyi'ah
Penerbit: JP Books Surabaya

Cetakan: I, Juli 2008

Tebal: ix + 180 Halaman


---

SEANDAINYA makanan, buku ini benar-benar fresh from the oven alias baru saja matang. Disajikannya masih hangat, uapnya masih kemebul. Ada bagian yang terasa kemripik, renyah; ada pula yang rasanya empuk kempus-kempus. Benar-benar mak nyuss!

Ada dua hal yang membuat karya Ita Siti Nasyi'ah itu terasa baru. Yang pertama, tentu saja, jadwal penerbitannya. Hingga pagi ini, buku Mami Rose; Jual Diri, ke Mucikari sampai Eksekusi Mati ini belum genap seminggu dipasarkan secara luas. Bahkan, bisa jadi, belum semua toko buku menjualnya.

Yang kedua, buku ini terasa baru lantaran sangat terkait dengan peristiwa besar yang baru saja menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Yaitu, pelaksanaan eksekusi Sumiarsih dan Sugeng pada Sabtu (19/7) dini hari lalu. Dua terpidana mati pelaku pembunuhan berencana terhadap keluarga Letkol (Mar) Purwanto itu harus menghadap regu tembak setelah 20 tahun menunggu peluru.

Artinya, buku Ita ini memang punya momen yang sangat pas. Betapa tidak, ilham penerbitannya benar-benar muncul secara nyata pada 10 Juni 2008, saat grasi Sumiarsih dan Sugeng ditolak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ita lalu mendapat izin tertulis (tentang penerbitan kisahnya itu) dari Sumiarsih pada 11 Juli 2008. Foto cover buku dijepret pada Kamis (17/7), Sabtunya (19/7) Sumiarsih dan Sugeng didor. Dan, pada Senin (21/7), buku setebal 180 halaman itu sudah selesai dicetak. Benar-benar baru, benar-benar kilat! Tak cuma fresh from the oven tapi fresh from the microwave!

Secara teori jurnalistik, dunia yang dilakoni Ita selama lebih dari 15 tahun, buku ini punya peg (pasak) peristiwa yang kuat. Dalam bahasa sehari-hari para wartawan Surabaya, karya ini onok cantolane (ada kaitan) kejadian yang hangat.

Sebagai wartawan (dari Jawa Pos ke Kartini, Red), Ita tampak memperhitungkan news value (nilai berita) ketika menulis kisah hidup Sumiarsih alias Mami Rose itu. Sebab, buku ini punya magnitude (daya tarik dan gaung yang besar) sebuah peristiwa. Buku tersebut juga punya human interest (sisi kemanusiaan) yang apik, prominence (kedekatan dengan pembaca), timeliness (ketepatan waktu), bahkan tetap aktual.

Ya, meskipun yang disajikan adalah fakta yang sudah berlalu selama lebih dari dua dekade, buku yang diberi kata pengantar CEO/Chairman Jawa Pos Dahlan Iskan tersebut rasanya masih aktual. Ita juga berani memaparkan fakta-fakta baru (versi Sumiarsih) yang sebelumnya tak terungkap di media, bahkan di persidangan sekalipun. Ibarat koki, lulusan Stikosa-AWS itu tak cuma memasukkan makanan dingin ke microwave agar bisa kembali hangat dalam waktu singkat. Tapi, dia juga menambahinya dengan bumbu-bumbu segar, sehingga makanan itu bisa kembali panas plus rasanya baru.

Bumbu baru itu memang sangat perlu. Sebab, pembunuhan keluarga Purwanto terjadi pada 1988. Sebagian besar orang sudah lupa kasus itu. Bahkan, ada generasi yang benar-benar tidak tahu soal kasus pembunuhan yang menggemparkan tersebut. Begitu lamanya kasus itu sehingga Sumiarsih yang menunggu hukuman selama 20 tahun pun menjadi sosok legendaris di Lapas Wanita Malang. Setiap ada napi baru masuk, mereka selalu dikenalkan kepada Sumiarsih, wanita pelaku pembunuhan berencana yang sedang menunggu hukuman mati.

Beberapa bumbu penting dalam buku ini adalah penggambaran sosok Purwanto, korban kekejian Sumiarsih cs, plus latar belakang pembantaian keluarga yang menghebohkan itu. Selama ini, lewat berita-berita di media massa, Sumiarsih dikesankan sebagai sosok yang begitu keji, tak berperikemanusiaan, bahkan tak layak hidup.

Arsip koran dua dekade silam juga memosisikan Sumiarsih sebagai otak pembunuhan itu, sebagai public enemy yang tak layak dimaafkan. Sumiarsih begitu tega mencabut nyawa Purwanto, seorang perwira Angkatan Laut yang terhormat, beserta keluarganya, serta menyusun skenario jahanam menghilangkan jejak dengan cara membakar mayat dan membuang para korbannya di jurang Songgoriti, Batu. Semua kebiadaban itu dilakukan ''hanya'' lantaran utang Rp 36 juta Sumiarsih kepada Purwanto. Karena itu, masyarakat pun bersorak gembira saat Sumiarsih, Djais Adi Prayitno (suami), Sugeng (anak), dan Adi Saputra (menantu) divonis mati. Vonis tersebut memang tak menghidupkan kembali nyawa keluarga Purwanto. Namun, kala itu, masyarakat puas lantaran putusan hakim dianggap memenuhi unsur keadilan.

Buku ini menjelaskan secara jelentreh awal mula tragedi memilukan tersebut. Penuturannya pun runtut mulai flash back seorang Sumiarsih muda yang menjadi kembang di desanya, Ploso, Jombang. Bak kisah klasik, kecantikan Sumiarsih ternyata tak membawanya menuju kebahagiaan. Justru, kecantikan yang dibelit kemiskinan itu ''menjerumuskan'' Sumiarsih dalam jurang kesengsaraan. Dia akhirnya menjalani hidup sebagai hostes (purel) kelab malam di Jakarta. Dalam perjalanannya, dia menjadi istri gelap seorang pengusaha. Dari hubungan itu lahirlah Rose Mey Wati, putri bungsu Sumiarsih yang mewarisi kecantikannya.

Langkah gelap Sumiarsih tak berhenti di situ. Dia lantas hijrah ke Surabaya dan mendirikan rumah bordil yang sangat laris di Gang Dolly. Dan, Purwanto, menurut versi Sumiarsih, menjadi salah satu pelanggan wisma itu. Bahkan Purwanto lalu tertarik mengajak Sumiarsih untuk berkongsi mengelola wisma esek-esek. Itulah awal petaka tersebut. Lantaran wisma sepi, Sumiarsih terlambat setor ke Purwanto. Dalam sekejap Sumiarsih terlilit utang yang terus beranak-pinak.

Kelanjutan kisah tersebut begitu mencengangkan, begitu kontroversial karena tak pernah terungkap ke permukaan sebelumnya. Dalam menagih utang, Purwanto ternyata berlaku bak preman. Sumiarsih tak cuma diancam, tapi juga dipukuli, disundut rokok, dan dihina harkat kewanitaannya. Yang membuat Sumiarsih akhirnya gelap mata dan hilang pikiran adalah niat Purwanto yang ingin ''mengambil'' salah satu harta terbesar Sumiarsih, yaitu Rose Mey Wati, putrinya yang cantik.

Fakta buku yang didapat dari delapan tahun (2000-2008) persabahatan Ita dan Sumiarsih itu memang tak hendak menyajikan alasan pembenar pembunuhan Purwanto. Bukan pula untuk memprovokasi pembaca agar bersimpati dan berempati kepada Sumiarsih. Yang terang, buku ini cukup berani menyajikan fakta yang tersembunyi selama dua dekade. Bahkan, dalam setiap sidang, Sumiarsih tak pernah menunjukkan fakta bahwa Purwanto telah menekan dan menganiayanya secara fisik maupun mental. Meskipun, itu bukan faktor pemaaf, saya pribadi yakin bila fakta-fakta itu terungkap dalam persidangan dulu, kemungkinan bisa meringankan hukuman Sumiarsih. Paling tidak, dia ''hanya'' dihukum 20 tahun atau seumur hidup.

Memang, karya Ita ini punya daya tarik yang kuat lantaran kepekaannya memanfaatkan momentum. Namun, dalam hal ini, momentum dan kesusu (tergesa-gesa) berada dalam batas yang amat tipis. Sebab, kesan kesusu tak bisa dihindari dalam buku ini. Salah satunya soal penyuntingan (editing) yang tak rapi. Ada begitu banyak kesalahan ejaan, tata kata dan kalimat yang serampangan, hingga gaya penceritaan orang pertama dan orang ketiga yang melompat-lompat. Sangat disayangkan memang, buku bagus ini diwarnai kesalahan-kesalahan yang tidak perlu (memangnya ada kesalahan yang perlu?).

Buku ini bisa tampil lebih cantik seandainya lebih diperkaya dengan foto-foto masa lalu Sumiarsih. Selain membuat buku lebih warna-warni, keragaman foto juga menunjukkan kedekatan dan eksklusivitas Ita dalam kehidupan Sumiarsih alias Mami Rose. (*)

Tips Mencegah Masturbasi

Masturbasi emg enak dilakukan, tp jika brlebihan, ini bs sgt fatal..
oleh krn itu saya punya beberapa tips utk menghindarinya..

1. mencoba alternatif lain..
klau kita sulit ingin mencegah kgiatan kocok mengocok, ada baiknya kita mencoba alternatif lain..
anda bsa menggeseknya dikasur, bantal, atau utk para yg hardcore, d kayu jg bsa..ini bs jd awal yg baik utk para masturbers(sebutan para pecandu masturbasi) dalam langkah awal penghentian..

2. jangan biarkan setan "adek" masuk ke otak..
jika kita menonton bokep, palagi klo lg hot"nya..tanpa terasa tnganpun mulai asik meremas "saudara kembar" anda, ini adalah awal pemicu masturbasi..
jika hal ini sdh menggerogoti pikiran anda, maka bsa dpastikan tangan anda akan mulai beraktifitas lg..
oleh krn itu, jgn biarkan otak anda dpenuhi pkiran mesum smacam itu..
cari alternatif lain yg lebi sehat, sperti berolahraga, jalan", ataw nGenEt..krn ini akn menjauhkan anda dr pikiran ngocok(palagi klo nGenEt d warnet, masa ia lo brani ngocok??)..

3. Kimpoi..
ini adalah cara terakhir bila cara pertama dan kedua gagal, berarti anda adl seorang aktivis masturb..
cara terakhir, ya KIMPOI aj..kn ini cm bwt mencegah masturbasi doank, bkn ngeseks..jd klo anda bner" ga kuat, mndingan main aja d sm seseorang..
kasian si dedek..dgn anda main sm seseorang, anda brarti sudah tdak menzalimi tangan sm adek anda(tangan ga capek, dedek ga dboongin)..
wlau bnyak resiko yg harus anda trima..

Cara Menginstall Cinta

Abis jalan - jalan ke sebuah situs...
ergh tak taunya nemuin artikel inih....
coba dech baca...
uhm,,,
asyik kok...
masuk akal jugah...


Install CINTA_KASIH


IT (IT Support) : Ya, ada yang bisa saya bantu?
C (Costumer) : Baik, setelah saya pertimbangkan, saya ingin menginstal CINTA_KASIH. Bisakah anda memandu saya menyelesaikan prosesnya?
IT : Ya, saya dapat membantu anda… Anda siap melakukannya?
C : Saya tidak mengerti secara teknis, tetapi saya siap untuk menginstalnya sekarang... Apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu?
IT : Langkah pertama adalah membuka HATI anda. Tahukah anda dimana HATI anda?
C : Ya, tapi ada banyak program yang sedang aktif. Apakah saya tetap bisa menginstalnya sementara program-program tersebut aktif?
IT : Program apa saya yang sedang aktif?
C : Sebentar saya lihat dulu… Program yang sedang aktif adalah SAKIT_HATI.exe, MINDER.exe, BENCI.com, dan DENDAM.exe
IT : Tidak apa-apa. CINTA_KASIH akan menghapus SAKIT_HATI.exe dari sistem operasi anda. Program tersebut akan tetap ada dalam memori anda, tetapi tidak lama karena akan tertimpa program lain. CINTA_KASIH akan menimpa MINDER.exe dengan module yang disebut PERCAYA_DIRI. dll. Tetapi anda harus mematikan DENDAM.exe dan BENCI.com. Program tersebut akan mengakibatkan CINTA_KASIH tidak terinstal secara sempurna. Dapatkah anda mematikannya?
C : Saya tidak tahu cara mematikannya. Dapatkah anda memandu saya?
IT : Dengan senang hati. Gunakan Start Menu dan aktifkan MEMAAFKAN.exe. Aktifkan program ini sesering mungkin sampai BENCI.com dan DENDAM.exe terhapus…
C : OK, sudah… CINTA_KASIH mulai terinstal secara otomatis. Apakah ini wajar?
IT : Ya, anda akan menerima pesan bahwa CINTA_KASIH akan terus di-install kembali dalam HATI anda. Apakah anda melihat pesan tersebut?
C : Ya… Apakah sudah selesai ter-install?
IT : Ya, tapi ingat bahwa anda hanya punya program dasarnya saja. Anda perlu mulai menggabungkan HATI yang lain untuk meng-upgrade- nya.
C : Oops… saya mendapat pesan error. Apa yang harus saya lakukan?
IT : Apa pesannya?
C : “ERROR 412 – PROGRAM NOT RUN ON INTERNAL COMPONENT”. Apa artinya?
IT : Jangan kuatir, itu masalah biasa. Artinya program CINTA_KASIH diset untuk aktif di HATI eksternal tetapi belum bisa aktif dalam HATI internal anda. Ini adalah salah satu kerumitan pemrograman, tetapi dalam istilah non-teknis ini berarti anda harus men-“CINTA_KASIH”-i HATI anda sendiri sebelum men-“CINTA_KASIH”-i HATI yang lain.
C : Lalu apa yang harus saya lakukan?
IT : Dapatkah anda klik pull down directory yang disebut “PASRAH”?
C : Ya, sudah…
IT : Bagus… Pilih file-file berikut dan salin ke directory “MYHEART”, MEMAAFKAN_DIRI_ SENDIRI.doc dan MENYADARI_KEKURANGA N.txt, sistem akan menimpa file-file konflik dan mulai memperbaiki program-program yang salah. Anda juga perlu mengosongkan Recycle Bin untuk memastikan program-program yang salah tidak muncul kembali.
C : Sudah… Hei! HATI saya terisi file-file baru. SENYUM.mpg aktif dimonitor saya dan menandakan bahwa DAMAI.exe dan KEPUASAN.com di-copy ke HATI. Apakah ini wajar?
IT : Kadang-kadang orang lain mungkin perlu waktu untuk men-download- nya. Jadi CINTA_KASIH telah terinstall dan aktif. Anda harus bisa menanganinya dari sini. Ada satu lagi hal yang penting,
C : Apa?
IT : CINTA_KASIH adalah freeware. Pastikan untuk memberikannya kepada orang lain yang anda temui. Mereka akan share ke orang lain dan seterusnya sampai anda akan menerimanya kembali.
C : Pasti.. Terima kasih atas bantuannya…
IT : Semoga anda bisa menerapkannya dalam diri anda dan ke sekitar anda.


Mau tau gak tampang2 hacker yang kesohor diseluruh dunia

1. Joe Desch


Jangan liat jadulnya.... Nih orang mengepalai program yang super rahasia di National Cash Register Co. Dayton. Yang nantinya program tersebut dapat digunakan oleh USA untuk memecahkan kode rahasianya NAZI. Nama Program tersebut Bombe.

2. Shambhu Upadhyaya


Nehi, nehi... hehehe. Ternyata orang India bukan cuma jago nyanyi doangan... ada satu lagi nih.. Shambhu namanya, dia adalah kepala penelitian dari Center of Excellence in Information Systems Assurance Research and Education at the State University of New York at Buffalo. Konon dia mantan hacker trus direkrut deh....

3. Robert Lipka


Ditangkep ama FBI Hari jum'at tanggal Feb. 23, 1996 atas tuduhan mata2 untuk Uni Soviet pada tahun 1960an. Dia dulu kerja di National Security Agency dari taon 1964 ampe 1967

4. Jerome Heckenkamp


Ni poto diambil waktu dia abis keluar dari gedung Federal di Albuquerque. Dia dituduh hacking atas 6 perusahaan website.

5. James S. Green II


Waduh... jangan melotot gitu dong bang.. galak bgt sih... James S. Green II waktu dipoto ini berumur 35 taon. Mantan kepala keamanan (Satpam kali yee...) di General Motor. Dia dituduh hacking atas nomor jaminan sosial dari pegawai GM lalu menghack data2 pegawai yang ada di GM.

6. Sarah Palin


Dituduh hacking atas komputernya Randy Ruedrich (Politikus Alaska). Niatnya cuma pengen nyari bukti atas politikus tersebut atas keterlibatanya dalam tindakan melawan hukum sewaktu politikus tersebut menjadi anggota Alaska Oil & Gas Conservation Commission.

7. Robert Morris Jr


Dituduh atas penyebaran Virus Komputer sewaktu dia masih mahasiswa di Cornell University

8. Dmitry Sklyarov


Umurnya waktu di poto 27 taon. Programmer ini dituduh atas pelanggaran hak cipta atas program di peruhaan Adobe System Inc.

9. Jonathan James


Waktu di poto ni orang masih 16 TAONN !!! gila... Gak tanggung2 loh.... umur segitu dia udah berani hack PENTAGON dan NASA !!! dia nyuri 13 data komputer dari NASA yang salah satu diantaranya adalah program atas stasiun luar angkasa NASA .... Gokil bener nih orang... Dia biasa dikenal di dunia maya sebagai cOmrade

10. Onel A. de Guzman


Weitsss.... jangan liat dari culunya nih orang... Dia orang Pilipina. Klo lo2 pernah denger virus "Love Bug" yang disebarin lewat e-mail... Nah ini dia nih orangnya....

11. Deborah Frincke



Keliatanya Masih muda... jangan liat muda and gendernya yah.... Nih ce adalah Profesor di Bidang IT di University of Idaho, Lewiston, Idaho. Dia bekerja untuk menangkal hacker2 yang kadang bandel hehehe....

12. Unknown


Sengaja gak dikasih tau namanya... Soalnya, lagi dipoto ini nih... dia lagi ngehack situs pemerintahan China (Yah, macam Depkominfo yang dihack itu lahhh....hehehe....) Dia orang Taiwan Aseli.....

13. Dennis Moran


Dipenjara dengan tuduhan hacking atas situs Angkatan Udara punya USA. Dia dipenjara selama 9 bulan. Lucunya.. selagi dipenjara, dia disuruh ama Kepala sipirnya buat program komputer untuk kepentingan penjara tersebut. Di Dunia maya dia biasa dikenal dengan "Coolio".

14. Richard Eaton


Presiden Direktur dari perusahaan WinWhatWhere. Yaitu suatu perusahaan program komputer yang bisa menyelinap kekomputer para hacker tanpa diketahui. Dia biasa bekerja sama dengan FBI.

15. "Mafiaboy"



Dituduh atas hacking situs CNN dan 66 tuduhan hacking atas situs2 besar. Dia ditangkap di Montreal, Canada

16. Jon Lech Johansen



Umurnya baru 19 Taon. Dia orang Norwegia. pencipta program DeCSS. yaitu suatu program yang bisa mengcopy DVD meskipun DVD tersebut sudah di protect... (Mungkin senior2 lebih tau program ini)

17. Kevin Poulsen


Dipoto tanggal 8 September 1990. Dituduh atas tindakan mata2 untuk hacking FBI dan Keamanan Nasional Amerika....

18. Robert Morris Jr


Ni orang potonya sama dengan poto sebelumnya, bedanya dia lagi dipoto di Pengadilan Federal di Syracuse, N.Y., 08 Januari, 1990. Disamping kirinya adalah Ibunda tercinta, sedangkan di sebelah kanan belakang adalah Ayahanda tercinta hehehe.....

19. Kevin Mitnick


Dipoto tanggal 21 Januari 2000. Hacker kesohor nih... dia biasa Phone Preaking, dan dituduh atas pencurian software di Digital Equipment Corporation's computer network (Sumber: Threadnya Kiddiez dengan sedikit informasi tambahan dari wilkipedia). Konon katanya yang berambut merah tersebut adalah salah satu pendukungnya. Gilanya lagi, dia itu dah terkenal hacker hebat, tapi dia masih pengen kuliah di bidang Teknologi komputer... Emang bener kata orang tua, kalo belajar itu gak ngeliat umur.... Seumur hidup kita harus selalu belajar.. halahhh....

20. Lance Spitzner



Pencipta dari the Honeynet Project. Dipoto ini tanggal 19 Juli 2001. Dibelakangnya adalah laboratoriumnya (ada 8 komputer yang On line semuanya) untuk belajar bagaimana carany menembus suatu jaringan komputer. Kalo lo2 pernah denger Blackhat Hacker Community ni dia nih orangnya...

21. Billy Hoffman


Mahasiswa TI Asal Georgia, gak teralu tenar sih... dia cuma hack sistem yang bisa digunakan dengan kartu debit yang biasa digunakan di Georgia Tech University

22. Michael Haephrati, 41, Kiri, Ruth Brier-Haephrati, 28, kanan


Suami istri nih... Sama hobinya... sama profesinya... Ditangkep di Inggris, mereka juga dicari2 ama orang Israel atas tuduhanya hacking Komputer orang Israel dengan menggunakan Trojan Horse...

23. Pierre Kroma


KOnsultan kemanan komputer sewaktu Live Hacking pada acara pameran komputer terbesar di Hannover, Jerman 10 Maret 2005. Sekitar 6200 exhibitors dari lebih dari 70 negara Amprokan disini...

24. Hacking Competition


Dilaksanakan di Singapura, 19 Agustus 2005.... Calon2 pengganti Tsutomu Shimomura hehehehe....

25. "Zamboni"


Analis dari sistem keamanan komputer. Mantan hacker ini sedang berbicara tantang penyerangan terhadap Biometric Systems (Jujur, Gw sih gak ngerti ini apaan, mungkin Senior2 bisa kasih penjelasan.....)

26. Kevin Mitnick


Si Mitnick lagi nih... Tapi dipoto dari atas... sewaktu memasuki ruang pengadilan di Raleigh.. 17 Februari 1995

27. "Mudge,"


Salah satu dedengkot hacker yang sedang bersaksi atas perbuatanya hacking yang bisa membuat jaringan internet diseluruh dunia gak bekerja hanya dengan hitungan 30 menit...

28. Tsutomu Shimomura


Nih dia nih... jagoanya.... Salah satu manusia yang sangat ahli di bidang sistem keamanan komputer. Orang ini nih yang ngalahin Kevin Mitnick. Dia bekerjasama dengan Federal USA untuk menangkap Mitnick yang berusaha menembus komputernya Shimomura.... Gokil..........

29. David L. Smith,


Asal New Jerses USA, 30 Taon... Dia pencipta virus lewat e-mail. Virusnya bernama Melissa (ada yang tau ???)

30. Chen Ing-hau


Pencipta virus Chernobyl, sedang membuat antivirus untuk virus tersebut.. Poto dibelakangnya itu polisi...

31. Richard Pryce


Weiittsss.... jangan ketipu ama tampangnya bro.... Dia ini mahasiswa British Music... gak nyambung banget sih ama hacker.. tapi hal yang telah dibuatnya patut untuk diacungi jempol. Dia berhasil menembus sistem kemanan US Air Force dan Lockheed missile systems yang berbasis di USA !!! Gokil....

32. Eric O. Jenott


Dituduh sebagai mata2. Dia berhasil menembus sistem keamanan komputer departemen pertahanan USA, lalu menjual Informasinya ke China...

33. Ehud Tenebaum atau "The Analyzer''


Ditangkep deket Tel Aviv oleh polisi anti hacker Israel. Nih orang berhasil nembus sistem keamanan milik FBI !!!, dan Ini dia nih ada Pripiunya


34. Gary McKinnon


Umurnya 40 Taon. Kalo menurut gw sih, hacker Nomor 1 di dunia ya si Gary McKinnon... Dia dituduh telah melakukan hacking terbesar dan terbanyak yang dilakukan kepada Jaringan komputer Pemerintahan di USA, tidak kurang dari 97 komputer (Diantaranya adalah US Army, US Air Force, NASA,) udah pernah dimasuki sama Mc Kinnon. Merugikan sekitar US$ 700.000,- . Ni Poto diambil di Pengadilan negeri di London, 10 Mei 2006.

cara membuat shampo metalic

bahan :
1.air matang dingin 200cc
2.natrium sulfat 10gr
3.texapon 20gr
4.natrium clorida 5gr
5. mutiara cair 5gr
6.parfum 5gr
7.zat pewarna secukupnya

cara pembuatan


1. sediakan air matang dingin 200cc lalu masukkan bahan no. 2 (aduk sampai rata)
2. masukan bahan no. 3,5,6 (aduk sampai larut)
3. masukan bahan no.4&7 berbentuk serbuk pewarna secara dikit demi sedikit
silahkan mencoba sendiri